Partisipasi TelU pada UI Greenmetric

UI GreenMetric merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia yang basis penilaian utamanya adalah komitmen perguruan-perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Indikator yang dipergunakan adalah statistik kehijauan kampus (15%), pengelolaan sampah (18%), energi dan perubahan iklim (21%), penggunaan air (10%), transportasi (18%), dan pendidikan (18%). (sumber : www.ui.ac.id/berita/ui-greenmetric-umumkan-peringkat-kampus-kampus-hijau-dunia.html)

Telkom University sebagai salah satu perguruan tinggi yang mempunyai komitmen dalam pengelolaan lingkungan hibup di kampus, telah mengikuti UI Greenmetric ini sejak tahun 2014. Prestasi Telkom University pada 2 tahun terakhir ini menempati urutan ke-11 dari seluruh perguruan tinggi , dan urutan ke-1 untuk perguruan tinggi swasta di Indonesia.

Tahun ini, Telkom University kembali akan ikut berpartisipasi sebagai peserta dalam UI Greenmetric 2017. Beberapa hal yang sudah dilakukan Telkom University dalam upaya untuk menciptakan kampus hijau, diantaranya:

  • Melakukan penggantian lampu-lampu PJU dengan menggunakan LED dan solar cell
  • Penanaman pohon pada area yang masih kosong
  • Pembuatan kolam sebagai wilayah resapan
  • Greenhouse untuk pengolahan kompos
  • Mesin incenerator untuk pembakaran sampah non-organik
  • Pembuatan taman-taman baru
  • Dan kegiatan lainnya yang mendukung terhadap kegiatan green campus

Dengan semangat “go green” seluruh civitas akademika akan lebih peduli terhadap lingkungan dan setiap orang akan menjadi agen perubahan menuju kampus sehat dan berwawasan lingkungan.

By : Direktorat Logitsik dan Aset


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *